Karya Tulis SMPIP Az-Zahra
Tingkat konsumtif belanja online bagi siswa SMPIP Az-Zahra
Sekolah : SMPIP Az-Zahra
Nama: Andruw
Kelas : IX-B
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Internet (interconnection-networking) adalah
seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar sistem global Transmission Control Protocol/Internet
Protocol Suite
(TCP/IP) sebagai protokol
pertukaran paket (packet switching communication protocol) untuk melayani
miliaran pengguna di seluruh dunia.
Belanja merupakan aktivitas harian yang kita
lakukan untuk mendapatkan barang yang dibutuhkan. Kegiatan berbelanja yang kita
lakukan dengan mendatangi penjual dan melakukan transaksi jual beli.
Toko online
merupakan toko yang dijalankan secara online,
yang membutuhkan koneksi internet untuk menjalankannya, pasar online sebenarnya hampir sama dengan
pasar-pasar pada umumnya, yaitu pusat atau tempat jual beli, yang mana bisa
menjadi penjual ataupun bisa juga membeli produk disana.
Seiring perkembangan teknologi yang semakin
memudahkan kehidupan manusia, sistem belanja terbagi menjadi dua yaitu sistem
langsung dan online, sistem belanja
langsung adalah si pembeli datang langsung ke toko untuk membeli sebuah barang,
sedangkan belanja melalui sistem online adalah
membeli sebuah barang melalui aplikasi belanja online yang berada di gadget, laptop, dan lain lain. Sebagian
masyarakat mulai meninggalkan sistem belanja langsung dimana pembeli yang
mendatangi penjual untuk mendapatkan barang yang dibutuhkannya ataupun sebaliknya
penjual yang menjajakan barang dagangannya. Semakin maraknya aplikasi sistem
belanja online, minat belanja
masyarakat pun turut meningkat. Hal ini dapat terjadi karena sistem belanja online memudahkan pembeli dalam hal
efektivitas waktu dan jarak transportasi yang harus ditempuh untuk mendapatkan
barang yang ingin dibelinya. Sehingga sebagian masyarakat lebih memilih berbelanja
secara online. Dan menyebabkan
tingkat atau daya konsumtif masyarakat meningkat, berhubungan dengan hal itu
maka perlu dikaji lebih dalam.
B.
Rumusan Masalah
1.
Bagaimanakah
tingkat konsumtif siswa SMPIP Az-Zahra terhadap belanja online?
2.
Berapa persentase
pemakai sistem belanja online?
3.
Apakah berdampak
negatif bagi si pemakai aplikasi sistem belanja online?
C.
Tujuan Penelitian
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat
konsumtif siswa terhadap pemakaian sistem belanja online di SMPIP
Az-Zahra.
D.
Manfaat Penelitian
1.
Manfaat
penelitian secara teoritis:
A. Menjadi
inspirasi bagi penelitian-penelitian sejenis yang berkaitan dengan belanja online terutama dalam tingkat konsumtif
di SMPIP Az-Zahra.
B. Menjadi
dasar teori dan memberikan sumbangan teori bagi para pembaca tentang tingkat
konsumtif belanja online bagi siswa
SMPIP Az-Zahra.
2.
Manfaat
penulisan secara praktis:
A. Memberi
gambaran tentang tingkat konsumtif belanja online
terhadap siswa SMPIP Az-Zahra.
B. Memberikan
informasi secara mendalam mengenai belanja online
dan menambah wawasan terhadap belanja online.
BAB II
TINJAUAN PUSTAKA
A.
Definisi
Belanja Online
Belanja online adalah suatu bentuk perdagangan menggunakan perangkat
elektronik yang memungkinkan konsumen untuk
membeli barang atau jasa dari penjual melalui internet.[1]
Soeandi dalam blog pribadinya menambahkan
belanja dengan sistem online
dilakukan tanpa jasa perantara. Sedangkan sebuah web belanjaonlines mengatakan, jual beli online dilakukan dimana penjual dan pembelinya tidak harus bertemu
untuk bernegosiasi dan dilakukan melalui telfon, chat dan sms.
Link lentera kecil menjelaskan, belanja online adalah suatu bentuk perdagangan menggunakan perangkat elektronik yang
memungkinkan konsumen untuk membeli barang atau jasa dari penjual melalui
internet..[2]
Menurut hermantolle, Belanja online adalah sebuah media yang memungkinkan pelanggan membeli
barang atau jasa secara langsung dari penjual dengan media internet menggunakan
web browser.[3]
Fathul
Husnan menyebutkan bahwa Toko online
merupakan toko yang dijalankan secara online
yang membutuhkan koneksi internet untuk menjalankannya.
B.
Jenis-Jenis Toko Online
1.
FJB
Kaskus :
FJB Kaskus adalah Forum Jual Beli
Kaskus atau Forum tempat para pengguna Kaskus dapat menjual dan atau membeli
suatu barang atau jasa yang diinginkan, kaskus yang didirikan oleh Andrew darwis.
2.
OLX Indonesia :
OLX Indonesia
(sebelumnya bernama tokobagus.com) adalah sebuah situs web iklan baris di
Indonesia yang difokuskan untuk tempat membeli dan menjual produk serta jasa
secara online dan gratis untuk penjual maupun pembeli yang menggunakan jasa
dari OLX Indonesia ini.
3.
Bukalapak :
Bukalapak
merupakan salah satu pasar online (online marketplace) terkemuka di
Indonesia (biasa dikenal juga dengan jaringan toko online) yang dimiliki dan dijalankan oleh PT. Bukalapak.
4.
Tokopedia :
Tokopedia
merupakan salah satu mal online di
Indonesia yang mengusung model bisnis marketplace.
Sejak diluncurkan hingga akhir 2015, layanan dasar Tokopedia bisa digunakan
oleh semua orang secara gratis. Dengan visi untuk “Membangun Indonesia yang
Lebih Baik Lewat Internet”,
Tokopedia
berhasil menjadi salah satu perusahaan internet Indonesia dengan pertumbuhan
yang sangat pesat.
5.
Lazada
Indonesia :
Lazada
Indonesia adalah pusat belanja online yang menawarkan berbagai macam jenis
produk mulai dari elektronik, buku, mainan anak dan perlengkapan bayi, alat
kesehatan dan produk kecantikan, peralatan rumah tangga, dan perlengkapan traveling dan olah raga. LAZADA
Indonesia didirikan pada tahun 2012 dan merupakan salah satu cabang dari
jaringan retail online LAZADA di Asia Tenggara.
Dari
penjelasan tersebut penulis menyimpulkan bahwa aplikasi dan kegiatan belanja
online semakin bertambah banyak jumlahnya dan beraneka macam barang dan jasa
yang diperjualbelikan.
C.
Konsumtif
1.
Definisi
Konsumtif
Konsumtif
menurut Kamus
Besar Bahasa Indonesia berarti bersifat konsumsi (hanya memakai, tidak
menghasilkan sendiri). Kata “konsumtif” sering diartikan sama dengan “konsumerisme”,
Perilaku konsumtif juga dapat didefinisikan sebagai perilaku membeli barang
atau jasa yang berlebihan
2.
Faktor yang mempengaruhi tingkat
konsumstif seseorang
a.
Pendapatan, seseorang yang memiliki
pendapatan tinggi, tentu akan lebih banyak barang/jasa yang dikonsumsi bila
dibandingkan dengan orang yang memiliki pendapatan yang lebih rendah.
b.
Selera,
c.
Harga-harga barang yang dikonsumsi,
d.
Keadaan emosi konsumen saat itu.
D.
SMPIP Az-Zahra
SMPIP Az-Zahra adalah sekolah Sekolah Islam Berbasiskan Sains
dan Multimedia, sekolah ini terletak di Jl. Swadaya No.
47 Pondok Petir Bojongsari Depok, Jawa Barat 16517
[1] http://lenterakecil.com/belanja-online-belanja-daring/
(diakses 29/agustus/2016/08.15 malam)
[2] http://belanjaonlines.blogspot.co.id/2012/04/pengertian-jual-beli-online-dan-tata.html
(diakses 29/agustus/2016/08.35 malam)
Komentar
Posting Komentar